Selasa, 07 Juni 2011

Sign System yang ada di sebuah mall di kota Bandung

A.     Pengertian Desain
Desain biasanya diterjemahkan sebagai ide untuk merancang sesuatu. Desain juga biasanya berkaitan dengan seni. Seni terapan,arsitektur dan juga sebagai perwujudan kreatifitas seseorang. Dalam kata kerja, desain juga berarti proses untuk membuat dan menciptakan sesuatu yang baru. Sedangkan dalam kata benda, desain itu hasil akhir dari proses pembuatan sesuatu yang disebut dengan karya. Desain juga dapat berupa proposal, rencana,dan suatu obyek yang nyata atau sudah jelas adanya. Desain pun merujuk pada aspek fungsi,bentuk,estetika dan hal lainnya. Kesemuanya itu didapat melalui hasil pemikiran, penelitian, dan terinspirasi dari sumber lainnya. Desain yang akan dibahas disini, desain yang berkaitan dengan seni rupa. Dalam seni rupa, klasifikasi desain ada banyak, beberapa diantaranya yaitu :
-          Desain Grafis
-          Desain Interior
-          Desain Produk
-          Desain Web
-          Desain Busana
-          dll


B.      Sign System
 Berkaitan dengan hal – hal diatas, fungsi desain sangat beragam. Salah satu contohnya yaitu desain sign system. Apa itu Sign System ? Kita akan membahas sedikit tentang sign system yang ada di suatu tempat.
Pertama – tama, mari kita bahas pengertian Sign System. Sign System yaitu suatu simbol yang bertujuan sebagai media dalam melakukan interaksi manusia dalam ruang publik. Dalam pengertian lainnya, sign system juga sebagai petunjuk bagi mereka yang membutuhkannya. Sign system pun harus mempunyai fungsi yang jelas dan efisien. Sebenarnya sign system itu dapat kita lihat sehari- hari dalam lingkungan sekitar kita. Mungkin masih banyak yang belum menyadari akan pentingnya fungsi dari sign system. Dan sign system itu bisa digunakan juga untuk kepentingan lalu lintas, petunjuk arah di area publik, keselamatan, kepentingan komersial seperti promosi produk; tempat usaha;dan hal lainnya. Pembuatan sign system juga memilki kriteria tersendiri. Hal hal tersebut yaitu :
-          Harus mudah dilihat
-          Mudah dimengerti
-          Penempatannya benar
-          Mudah dipercaya (kebenarannya dapat dibuktikan
-          Mudah dibaca untuk mereka yang membutuhkannya
-          Bersifat jangka panjang
-          dan masih banyak hal lainnya.


Sekarang, kami akan membahas tentang fungsi dari sign system yang dapat diselesaikan dan tidak menyelesaikan masalah. Dapat diselesaikan disini maksudnya sign system yang memiki fungsi yang sesuai. Kami telah melakukan pencarian tentang sign system yang menyelesaikan masalah dan yang tidak menyelesaikan masalah. Lokasi yang kami tuju yaitu sebuah mall besar di Kota Bandung.
I.                    Sign system yang menyelesaikan masalah (Petunjuk menuju toilet)

Sign system toilet ini sangat berguna karena tidak dipungkiri bahwa toilet begitu penting bagi pengunjung. Sign system ini dikatakan dapat menyelesaikan masalah karena petunjuk ini efisien dan sesuai dengan kriteria sign system yang baik dan benar. Hal ini dibuktikan dengan penempatan sign system toilet yang sudah dapat terlihat ketika kita masuk ke pintu utama mall ini, lalu petunjuk arahnya pun dapat dibuktikan kebenarannya serta mudah dibaca dan mudah dimengerti dengan adanya tambahan visual dari maksud kata ‘toilet’ ini. Di samping itu, petunjuk toilet ini berada di setiap lantai. Bagi pengunjung yang membutuhkan toilet dapat mengikuti petunjuk ini dan akses menuju toilet pun mudah.








II.                  Sign system yang tidak menyelesaikan masalah (Akses menuju Musholla)


Sign system yang menunjukkan akses menuju Musholla ini dikatakan tidak menyelesaikan masalah, karena penempatan petunjuk ini tidak berfungsi dengan baik. Musholla yang berada di lantai 3 ini tidak memiliki petunjuk dari lantai 1. Maksudnya, dari lantai pertama, kami tidak melihat petunjuk dimana Musholla berada, sama halnya di lantai 2. Hal ini membuat pengunjung harus bertanya kepada petugas dan satpam yang berada di mall tersebut dimana musholla berada sedangkan petugas dan satpam pun tidak selalu berada ditempat terdekat sang pengunjung. Dan ketika di lantai 3 ada petunjuk dimana Musholla berada. Akan tetapi, petunjuk ini berada tepat di depan Musholla dan tanpa pengunjung melihat petunjuk itu pun, mereka sudah sadar akan keberadaan Musholla yang berada di sekitar situ karena bentuk gapura khas yang dari sebuah tempat ibadah (muslim). Adapun di tempat lain (masih di lantai 3) , petunjuk Musholla ini berada tidak jauh dari Musholla. Hal ini pun lagi – lagi kami anggap tidak menyelesaikan masalah.

C.      Kesimpulan
I.                    Tambahan dari dosen Tinjauan Desain
Sign System memiliki standar ISO, sedangkan Musholla tidak termasuk ke dalam standar ISO. Petunjuk yang menyangkut ke dalam ISO adalah hal – hal yang berhubungan dengan rambu – rambu. Contohnya petunjuk keluar (EXIT). Itu merupakan desain – desain yang termasuk ke dalam ISO, termasuk juga kepada font nya dan gambar – gambarnya tidak dapat diubah.
Jadi, desain itu dirancang untuk semua orang dan tidak diskriminatif. Begitu juga untuk desain sign system.



- Dinda Akhirianda S ( 106010001 )
- Alan Suparnanda ( 106010011 )
- Endah Puspa Riani ( 106010017 )
- Siti Fatimah Fauziah ( 106010026 )
- Nilaras Sekar Ayu K ( 106010052 )

1 komentar:

  1. aku juga ada nih info tentang sign system... kalau berkenan mampir ya ke web aku sign system

    BalasHapus